06 April 2007

Kecerdasan Majemuk

Sudah cukup lama kita mengetahui adanya delapan jenis kecerdasan pada manusia atau lebih dikenal dengan istilah kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Saya pertama kali mengetahui hal ini pada bulan Agustus 2002, ketika saya membeli sebuah buku berjudul Seven Kinds of Smart karya Thomas Armstrong, Ph.D. (Gramedia Pustaka Utama, 2002).

Setelah itu saya pernah membaca artikel-artikel tentang kecerdasan majemuk ini di berbagai majalah. Kemudian saya juga mendengar uraian panjang lebar tentang hal ini dari sebuah stasiun radio di Jakarta. Dan terakhir, saya membacanya dari sebuah buku yang berjudul Who Am I? Yes! I Know! karya Timotius Adi Tan dan Iwan Wahyudi (Metanoia Publishing, 2007).

Topik tentang kecerdasan majemuk dalam buku ini disampaikan secara ringkas dan dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, ada bagian menarik dari setiap subbab yang membahas tentang masing-masing kecerdasan, yakni kecerdasan lain yang mendukung, yang belum pernah saya temui dalam bacaan-bacaan saya sebelumnya.

Membaca tentang kecerdasan majemuk membuat kita lebih memahami diri sendiri dan orang lain. Bagi para orangtua, pengetahuan tentang hal ini tentunya sangat berguna dalam mengarahkan putra-putrinya untuk menemukan panggilan hidupnya sedini mungkin.

Tema tentang kecerdasan majemuk ini saya tulis dalam satu blog tersendiri, yakni http://kecerdasanmajemuk.blogspot.com.